Selasa, 13 November 2012

tanaman algae

-->Dalam taksonomi yang banyak didukung para pakar biologi, alga tidak lagi dimasukkan dalam satu kelompok divisi atau kelas tersendiri, namun dipisah-pisahkan sesuai dengan fakta-fakta yang bermunculan saat ini.
-->
Alga merah merupakan kelompok tersendiri (Rhodophycophyta atau Rhodophyceae); demikian juga alga pirang (Phaeophycophyta atau Phaeophyceae) dan alga keemasan (Chrysophyceae).
Alga merupakan tumbuhan yang hidup pada perairan laut. Alga yang berukuran besar tergolong dalam tiga divisio yakni Chloropyta (alga hijau), Phaeophyta (alga coklat), dan Rhodophyta (alga merah). Alga yang banyak dibudidayakan akhir-akhir ini adalah species Kappaphycus alvarezil. K. alvarezil secara visual ternyata mempunyai warna yang berbeda yaitu warna hijau dan coklat, hal ini disebabkan oleh pigmen yang dikandungnya. Penelitian alga ini masih tergolong kurang terutama dalam menentukan kandungan pigmen. Pigmen yang terdapat pada laga merah K. alvarezil dapat diketahui melalui proses ekstraksi dengan menggunakan pelarut aseton, metanol, petrolium eter dan dietil eter, kemudian dianalisis dengan menggunakan kromatografi lapis tipis dan di serap dengan spektrofotometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pigmen yang terdapat pada alga merah K. alvarezil pada umumnya adalah beta – karoten, feofitin, violaxanthin dan klorofil a. Kandungan pigmen pada alga merah K. alvarezil yang berasal dari perairan pulau Nain lebih baik dibandingkan di perairan lain (Bentenan dan Tumbak), sedangkan perbedaan warna (hijau dan coklat) dari alga ini tidak terlihat perbedaan dari segi kandungan pigmen.
JENIS- JENIS ALGA

  •     Sargassum siliquosum (ganggang cokelat), hidup
    menempel di bebatuan sepanjang pantai berbatu
    daerah tropis. Ukurannya beragam, dari yang kecil
    hingga yang mencapai panjang puluhan meter.
  •     Eucheuma spinosum (ganggang merah), dikenal sebagai
    rumput laut yang menghasilkan agar-agar.
  •    Diatom (ganggang pirang)
  •     Ganggang hijau biru bersel satu
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar